Selasa, 14 Mei 2013

Rangkaian tester servo

Rangkaian tester motor servo pada gambar rangkaian dibawha berfungsi untuk mengetahui kondisi motor servo. Pada umumnya motor servo dikatakan dalam kondisi baik apabila motor servo dapat bergerak dalam 2 arah sesuai dengan spesifikasi motor servo tersebut. Rangkaian tester motor servo ini dibuat menggunakan IC NE555, pada dasarnya rangkaian tester motor servo ini adalah rangkaian astabil multivibrator yang memiliki pulsa output 50 Hz dengan duty cycle dapat dipilih dalam dua (2) pilihan. Kedua pilihan tersebut adalah untuk mengetest gerakan motor servo  searah jarum jam atau berkebalikan arah jarum jam. Pada rangkaian tester motor servo ini pilihan tersebut dinakan dengan tombol forward dan tombol reverse.  Rangkaian tester motor servo ini bekerja dengan baik pada sumber tegangan + 6 volt DC. Rangkaian motor servo dan komponen untuk membuat rangkaian tester ini dapat dilihat langsung pada gambar berikut.

Rangkaian Tester Motor Servo

Rangkaian Tester Motor Servo,tester motor servo,mengetest motor servo,motor servo baik,baik buruk motor servo,test kondisi motor servo,rangkaian test motor servo,skema tester motor servo,membuat tester motor sevo,merakit tester motor servo,tester motor servo ic 555,rangkaian tester motor servo ic 555,menguji motor servo,mengetahui kondisi motor servo,alat test motor servo,alat uji motor servo,tester motor servo 555,alat test motor servo 555,rangkaian test motor servo
Pada dasarnya tester motor servo ini adalah astabil multivibrator yang memberikan pulsa output dengan frekuensi 50Hz dengan periode 20 ms dan duty cycle dapat diatur dalam 2 pilihan lebar pulsa positif antara 0,9 ms dan 2,1 ms melalui tombol forward dan tombol reverse. variasi lebar pulsa positif 0,9 ms dan 2,1 ms tersebut digunakan karena motor servo akan bergerak searah jarum jam pada saat lebar pulsa positifnya lebih dari 1,5 ms dan akan bergerak berlawanan arah jarum jam bila lebar pulsa kurang dari 1,5 ms. Tester motor servo ini dapat mengetahui kondisi motor servo dengan cara mengetest putaran motor servo dalam 2 mode yaitu bergerak searah jarum jam dan bergerak berkebalikan arah jarum jam. Tombol forward digunakan untuk test motor servo bergerak searah jarum jam dan tombol reverse untuk test motor servo bergerak berlawanan arah jarum ja. Apabila motor servo dapat berputar dalam 2 arah sesuai tombol yang ditekan dan sesuai spesifikasi motor servo maka motor servo tersebut dikatakan dalam kondisi baik, apabila salah satu mode test atau semua mode test tersebut tidak dapat dioperasikan pada motor servo tersebut maka motor servo tersebut dalam kondisi rusak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar