Selasa, 14 Mei 2013

Rangkaian Tester Baterei Kering (Sel)

Gambar Skema Rangkaian Tester Batere Kering (Sel)
Rangkaian Tester Baterei Kering (Sel) – Tester ini  dapat menguji berbagai jenis baterei kering (sel) dan baterei rechargable dengan tegangan kurang dari 2 Volt.
Dikonfigurasi dengan IC LM3914 sebagai indikator grafik bar bertingkat, IC LM3914 akan memindai tingkat tegangan dari baterei yang diuji dan mengemudi 10 LED untuk ON atau OFF berdasarkan tegangan yang terdeteksi. Arus mengemudi LED yang diatur dengan menggunakan resistor R1 eksternal.
Baterei sel (kering) ataupun rechargable sekarang banyak digunakan dalam berbagai peranngkat/gadget elektronik. Untuk mengetahui kondisi baterei sel tersebut cukup sulit tanpa adanya sebuah tester. Dengan tester kita bisa mengetahui masih layak tidaknya betere itu digunakan. Di bawah ini bisa Anda lihat dan pelajari gambar skema Rangkaian Tester Batere Kering (Sel).
Gambar Skema Rangkaian Tester Batere Kering (Sel)
Gambar Skema Rangkaian Tester Batere Kering (Sel)
Daftar komponen Rangkaian Tester Baterei Kering (Sel) :
U1             = LM3914
L1 – L7    = 5mm LED merah
L8 – L10 = 5mm LED hijau
S1              = SPST toggle switch
R1             = 1K Ohm
R2             = 100 Ohm
VR1          = 1K Variabel Resistor
C1              = 0,1uF/25V
T1, T2      = probe
Skema menunjukkan koneksi sederhana dimana tegangan referensi pada pin 8 dari U1 dapat disesuaikan dengan mengatur VR1 resistor variabel. Tegangan pada pin 8 akan menetapkan skala maksimum dari LED. Dalam pengujian baterei sel kering dari 1.5 Volt, aturlah tegangan di pin 8 sampai 2.0 Volt. Setiap LED akan mewakili 200mV ketika bersinar.
Jika pengujian terhadap baterai rechargable seperti NiCd atau NiMH yang dibutuhkan, aturlah tegangan referensi ke nilai yang lebih rendah seperti 1.5V. Tegangan khas baterai rechargable adalah sekitar 1.2V. Saat pengujian baterai, perhatikan polaritas probe ke terminal baterai. T1 adalah untuk ditempatkan pada terminal positif dan T2 terminal negatif batere.
Demikianlah ulasan mengenai Rangkaian Tester Baterei Kering (Sel) pada postingan kali ini.  Kami berharap, semoga rangkaian ini bermanfaat bagi Anda.  Selamat berkarya dan semoga berjasil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar