Sabtu, 11 Mei 2013

Alat penghemat daya listrik

Ada beberapa alat yang berfungsi agar MCB pada meteran listrik PLN rumah dengan daya 450Watt atau 900Watt tidak jatuh (njeglek) pada saat TV, mesin pompa air, atau peralatan lainya dengan daya besar kita hidupkan. Perlu pemahaman aplikasi penggunaan sebenarnya dari alat tersebut sebelum Kita membeli dan memakainya, diantaranya adalah sebagai berikut :
AUTO SOFT START

Alat ini umumnya merupakan resistor 10 - 47 ohm yang dipasang secara seri dengan relay, dimana saat pertama peralatan dihidupkan tegangan listrik akan melalui resistor. Sehingga kuat arus yang digunakan akan berkurang saat menghidupkan alat listrik melalui resistor ini, kemudian setelah jeda sekian detik akan dihubungkan secara langsung oleh relay. Jadi fungsi saklar on/off sebaiknya dari alat ini (bukan dari peralatan listriknya), dan sebaiknya digunakan pada satu peralatan listrik saja.

Ada pula yang hanya menggunakan beberapa resistor NTC (Negative Thermal Coefisien) secara pararel, yang otomatis (tanpa saklar) nilai tahananya akan berkurang kalau sudah panas terlihat dari nyala lampu led(gambar 2). Atau kita bisa membuat softstart dengam memanfaatkan bohlam 100 watt atau lebih (gambar 1) sebagai faktor resistan. Jadi daya bohlam harus lebih besar dari daya peralatan listrik yang akan di instal, karena kalau kurang yang menyala adalah bohlam saja dan peralatan tidak bekerja.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar