Rabu, 15 Mei 2013

Rangkaian Penguji Kelancaran Kabel

Rangkaian Penguji Kelancaran Kabel adalah rangkaian elektronika berupa tester yang dapat mengecek dan mengetahui kondisi suatu kabel/kawat apakah masik bagus atau tidak. Kabel merupakan komponen elektronika yang digunakan untuk mentransmisikan sinyal/arus listrik dari satu tempat/bagian ke tempat lain. Selain itu, untuk menyambungkan/menghubungkan antar bagian komponen dalam sebuah rangkaian tertentu sehingga rangkaian tersebut berfungsi
sesuai dengan desain yang telah dirancang. Dalam keadaan tertentu kabel ini kadang mengalami gangguan dalam menghantarkan sinyal/arus listriknya sehingga rangkaian tidak berfungsi. Seringkali teknisi luput untuk mengecek kondisi kabel karena mereka selalu fokus pada kerusakan komponen lain seperti IC, transistor, kapasitor dan resistor. Rangkaian ini juga bisa mengecek diskontinuitas pada PCB.
Nah, untuk mengetahui kondisi kabel tersebut kita membutuhkan tester/alat penguji sehingga bisa diketahui dengan akurat. Alat ini penting dimiliki karena setiap rangkaian pasti terdapat kabel-kabel untuk menghubungkan komponen, tak terkecuali pada papan cetak PCB. Ketika mendeteksi diskontinuitas pada papan sirkuit, maka resistor, semikonduktor atau komponen lain tidak bisa berfungsi . Situasi ini dapat ditanggulangi dengan melakukan pengecekan memakai Rangkaian Penguji Kelancaran Kabel. Di sisi lain kadang-kadang tegangan atau arus dari multimeter mungkin membelot ke beberapa komponen sirkuit. Di bawah ini kami tampilkan gambar skemanya.
Gambar Skema Rangkaian Penguji Kelancaran Kabel
Rangkaian Penguji Kelancaran Kabel menentukan nilai lebih besar dari 1 ohm sebagai diskontinuitas. Ukur tegangan tidak lebih dari 2mV. Jadi tidak ada jenis dioda, IC atau komponen lain dilewati. Arus maksimum output dari rangkaian tersebut adalah sekitar 200uA. Indikator sirkuit adalah LED. Tegangan suplai didapat dari dua baterai 9 Volt. Penyesuaian tegangan penguat dilakukan dengan potensiometer P1. Rangkaian ini adalah sirkuit yang murah dan sangat berguna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar